Sedikit Berbagi Pengetahuan Mengenai Kruk as atau bahasa keren nya Crankshaft yang merupakan Inti dari Konversi Tenaga dari Mesin berbahan bakar Bensin.....Kruk As ini adalah Inti Dari mesin dimana Torsi yang dihasilkan dan RPM Maksimal yang dapat diraih oleh Suatu Mesin Berbahan Bakar Bensin Berasal dari Desain dan Bahan yang dibuat oleh Pabrikan untuk Kruk as ini .....Naaaah Apa sihh Dasarnya orang mulai mengganti Kruk As Standar Pabrikan oleh Kruk As High Performance atau yang umum disebut Racing....Basic nya adalah Kebutuhan dalam pembuatan Mesin ...dimana Mesin untuk Balap baik Road Race maupun Drag Race sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menghasilkan Tenaga yang Jauh lebih besar dibandingkan dengan Original Bawaan Pabrikan ...Oleh Karena Itu dibutuhkan Kruk As yang lebih kuat daya tahan nya, Kekuatan Menahan Beban pada putaran mesin yang lebih tinggi sehingga tahan terhadap gejala Melintir, retak, ataupun Hancur oleh tekanan.....Naah Setelah Didapat Bahan yang lebih baik dengan Proses pengerjaan yang lebih tinggi dari standar pabrikan, Kemudian Harus ditentukan Berat Dari Kruk as ini .....Kruk as yang lebih ringan dari Standar bawaan Pabrik Banyak digunakan untuk Trek Pendek yang membutuhkan Bukaan Gas cepat dan respon mesin yang Super cepat...Seperti di Trek Berlumpur dimana buka tutup gas banyak terjadi di belokan....Sedangkan Kruk As berat dibutuhkan untuk Motor Motor Drag, dan Motor Motor yang membutuhkan Kecepatan Tinggi tanpa Harus membuka tutup putaran gas.....Naaah Setelah menentukan Berat dari Kruk as....Hal Terpenting yang harus diperhatikan adalah Keseimbangan atau Balance dari Kruk as ini ....Jangan Sampai Power yang dihasilkan Hilang Karena Proses Balancing nya tidak benar .....Cukup Jelas Bukaaan ......Lumayan Browsing Tambah Tambah Ilmu mengenai Mesin .....[Variasi 53]
Sumber : Engine Builder Mag
No comments:
Post a Comment