Mesin KOSO DOHC Yamaha Mio Pertama di Dunia


Satu lagi Bocoran yang di dapat ketika mengunjungi pabrikan KOSO di Taiwan. Bagian Riset mesin nya KOSO sedang mengembangkan mesin Yamaha Mio dengan Cylinder head DOHC...Ini benar benar DOHC lho ....Setelah Riset selama 2 tahun akhirnya mereka sudah berhasil dan sedang melakukan test di ajang balap skutik macau....Dan ini merupakan Mesin DOHC pertama didunia yang dipasangkan ke motor matic......tidak seperti yang beredar banyak sekarang ...4 klep tapi masih 1 noken as alias SOHC. Keuntungan nya apa sih Mesin DOHC ini dibandingkan SOHC 4 Klep ??...Salah satu nya adalah mesin ini bisa Stabil di putaran Tinggi...sedangkan mesin SOHC 4 klep tidak stabil di putaran tinggi...kendala nya rocker arm dan klep nya sering pecah ...Selain itu karakter mesin DOHC lebih menguntungkan untuk dipakai pada kecepatan tinggi karena menghasilkan Horse power yang lebih besar...Contoh spesifikasi yang dipasangkan di motor mereka adalah memakai bore ukuran 63 mm dengan panjang stroke standar mio 57,9 mm ( klapasitas 180 cc ). memakai Piston Dome yang sudah di forging di bagian atas nya dengan kompresi di angka 13 : 1 mampu menghasilkan tenaga 20 dk di putaran 11.000 rpm dengan torsi maksimum 1,5 kg-m di putaran 7000 rpm. mantabs bukan....penasaran dengan mesin DOHC nya ....di tunggu saja tanggal peluncuran nya .....[Variasi 53]

4 comments:

pacul said...

msk cuma keluar torsi 1,5kg/m?

tooyie said...

ibaratnya klo penis ketemu cewek sexy, tegangnya kayak penis nnya mbah mbah yo....

music is my live said...

kog gag beda jauh sama mesin pemotong rumput ya , masa torsinya 1,5 kgm

De Dhanum said...

Klo menurut sy lebih baik pabrik part racing aftermarket bikin crankcase racing untuk honda beat, Mio, Vario lama dan PCX lokal yg bisa langsung dipasangkan blok kop DOHC PNP langsung masuk ke crankcasenya

Sebab blok kop DOHCnya kan bisa pakai punya FU atau CBR Thailand atau GSX-R 150 atau Crf250 rally(khusus untuk crankcase PCX lokal) sehingga harga jauh lebih hemat daripada beli paket blok kop DOHC khusus

Kurang lebih seperti itu menurut saya

Maaf sebelumnya

Tapi adakah pabrik sparepart racing mau mau memproduksi massal crankcase khusus Honda beat yg bisa langsung pasang blok kop FU?

Adakah pabrikan sparepart racing yg mau memproduksi massal crankcase Honda PCX lokal yg bisa langsung pasang blok kop CRF250 rally atau blok kop DOHC KTM RC 250??

Yg mana untuk harian, Turing jarak
sangat jauhh, geber2an, fun race dan drag race??

Ada ga ya??